BUKTI DAN FAKTA SEJARAH

Sejarah suatu masyarakat atau bangsa di masa lampau berhasil diketahui melalui penemuan bukti-bukti atau fakta-fakta yang menunjukkan terjadinya suatu peristiwa di masa lampau itu. Bukti maupun fakta sejarah merupa kan kumpulan data-data yang terlebih dulu diseleksi secara teliti dan hati
hati. Bukti dan fakta sejarah dapat diketahui melalui dua sumber asalnya, yaitu bukti dan fakta yang berasal dari sumber primer maupun sumber sekunder.
Bukti dan Fakta dari Sumber Primer
Bukti dan fakta tentang peristiwa sejarah diuraikan oleh para pelaku atau saksi yang mengalami suatu peristiwa sejarah. Namun, terkadang uraian para pelaku atau saksi tentang peristiwa sejarah yang telah terjadi dipandang lemah, karena meninggalkan unsur unsur obyektivitasnya. Misalnya, ketika para pelaku membahas peristiwa sejarah yang dialaminya lebih banyak menekankan pada unsur-unsur subyektivitas. Biasanya pelaku tersebut menyembunyikan atau menenggelamkan bukti-bukti atau fakta-fakta yang melemahkan kedudukarinya dalam peristiwa sejarah tersebut.
Hal serupa berlaku pula pada pernyataan saksi suatu peristiwa sejarah. Para saksi di dalam mengungkapkan suatu peristiwa sejarah juga tidak terlepas dan unsur subyektivitas. Hal ini disebabkan adanya unsur keberpihakan dan para saksi tersebut atau juga disebabkan oleh latar belakang keahlian yang dimiliki oleh para saksi.
Bukti dan Fakta dan Sumber Sekunder
Bukti dan fakta tentang peristiwa sejarah diuraikan oleh seseorang yang bukan pelaku atau saksi dan peristiwa tersebut. Akibatnya, kebenaran dan peristiwa tersebut semakin berkurang.
Begitu juga peristiwa sejarah yang diuraikan oleh seorang ahli sejarah yang meneliti sebuah prasasti pemnggalan dan suatu kerajaan, misalnya Kerajaan Kutai atau Kerajaan Tarumanegara. Prasasti tersebut tidak mengungkap secara keseluruhan dan keadaan kerajaan-kerajaan pada masa itu. Berita yang terdapat pada prasasti hanyalah sebagian kecil dan gambaran kehidupan kerajaan pada masa itu.

Berdasarkan informasi prasasti itu, para ahli mencoba untuk membuat penafsiran tentang keseluruhan keadaan pada masa itu, baik tentang perkembangan sistem pemerintahan kerajaan, kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan kepercayaan masyarakat dan kerajaan-kerajaan bersangkutan.

0 Komentar Untuk "BUKTI DAN FAKTA SEJARAH"

Post a Comment